VIRUS –VIRUS RNA


Golongan virus RNA hanya memiliki asam ribonuklear (Ribonukleicacid). Dalam kelompok virus RNA banyak dijumpai virus – virus yang dapat menimbulkan penyakit pada
manusia maupun hewan.
1.      Picornaviridae ( Enterovirus, Rhinovirus, dan Calicivirus)
2.      Reoviridae ( Orbivirus, Reovirus, dan Rotavirus)
3.      Togarviridae ( Alphavirus, Rubivirus, Pestivirus, dan Flavivirus)
4.      Arenaviridae
5.      Coronaviridae
6.      Retroviridae
7.      Bunyaviridae
8.      Orthomyxoviridae
9.      Paramyxoviridae ( Pneumovirus, Paramyxovirus, dan Morbilivirus)
10.  Rhabdoviridae




Hasil gambar untuk Picornaviridae
Picornaviridae
Picornavirus adalah virus dari famili Picornaviridae yang berukuran kecil, anatar 20- 40 nm yang tahan terhadapa eter, mengandung singlastranded RNA dan menunjukkan struktur simetri kubikal. Virus ini mempunyai nukleokapsid tidak berelubung ( naked nucleocapsid), ikohsahedral dengan asam nukleat RNA positif dengan berat molekul antara 2-3 juta Dalton. Lima Genus virus Picornaviridae yang menginfeksi manusia adalah Rhinovirus, Enterovirus, Hepatovirus, Parechovirus ( penyebab infeksi gastrointestinal dan infekis jalan napas), dan Kobuvirus (penyebab gastroenteritis). Rhinovirus yang meliputi Poliovirus, Coxsackie virus, dan Echovirus yang dapat menimulkan berbagai macam infekis. Kelompok Rhinovirus bersifat labil dalam suasan asam dengan kepadatan rendah. Selain pada manusia Picornavirus dapat menimbulkan penyakit mulut dan kuku pada sapi dan ensefalomiokarditis pada roden.
Calicivirus merupaka kelompok virus yang ukurannya sedikit lebih besar, yaitu antara 35-39 nm, mempunyai genm single- stranded RNA dengan virion yang tida mempunyai selubung. Calicivirus adalah salah satu penyeba common- cold.


Hasil gambar untuk Reoviridae
Reoviridae
Reovirus merupakan virus berukuran antara 60-80 nm, mengandung double-stranded RNA dengan struktur simetri kubikal, terdiri dari 10-12 segmen. Virus yang ikosahedral ini mempunnyai kapsid dengan banyak lapisan (linner dan outer capsid).



Hasil gambar untuk Togaviridae


Togaviridae
Merupakan suatu kelompok virus dengan genom yang single stranded, mempunyai selubung dari lipid yang sensitif terhadap eter. Virion virus mempunyai selubung dan berukuran garis tengah 50 nm dan 70 nm. Partikel togavirus mengadakan pematangan dengan cara membentuk tunas ( budding ) dari membran sel plasma hospes.

 

Hasil gambar untuk Arenaviridae
Arenaviridae
Arenavidae adalah virus RNA, dengan genom yang negative-sense, single stranded, berselubung dan mempunyai virion berbentuk bulat, lonjong atau  mempunyai banyak bentuk .  Virus ini mempunyai ukuran garis tengah antara 50 nm sampai 350 nm.
Arbovirus
Kelompok virus yang membutuhkan saragga untuk kebutuhan hidupnya, karena itu serangga seperti nyamuk dapat menularkan penyakit karena adanya virus tersebut karena virus ini bersifat menular melalui serangga.



Hasil gambar untuk Arbovirus
Arbovirus
Coronavirus adalah  virus dengan virion berselumbung yang berbentuk pleomrfik atau sferis dengan diameter antara 70 nm sampai 160 nm, mengandung genom single-stranded RNA yang positif dan tidak bersegmen. Virus ini berbentuk garis tengah antara 11-13 nm.


Hasil gambar untuk Retroviridae
Retroviridae
Adalah virus-virus berselubung yang mempunyai garis tengah antara 90 nm dan 120 nm, mempunyai genom single- stranded RNA, dengan virion yang mengandung reverse transcriptase. Dalam kelompok ini virus-virus penyebab leukemia dan sarkoma yang menyerang manusia maupun hewan.


Hasil gambar untuk Bunyaviridae
Bunyaviridae
  Sifat-sifa virus ini meliputi jenis-jenis berselubung (enveloped virus), mempunyai bentuk sferis atau pleimorfik, dengan nukleaokapsid helikal, memiliki partikel virion berbentuk sferis dengan ukuran garis tengah antara 80 nm dan 120 nm. Virus-virus famili ini memperbanyak diri di dalam sitplasma dan berbentuk  selubung dangan cara membentuk tunas (budding) ke arah bagian dalam Golgi apparatus.


Orthonyxoviridae
Orthonyxoviridae  mempunyai selubung dengan partikel berbentuk bulat atau berfilamen, berukuran 80-120 nm, mengandung genom single-stranded RNA, dan menuunjukan gambaran simetri helikal. Pada permukaan virus terdapat  tonojolan-tonjolan (spikes) yang mempunyai hemaglutinin (HA) dan neuraminidase (NA). Nukleokapsid helikal berukuran antara 9 nm dan 15 nm dengan RNA dan protein sebanyak 8 segmen dengan polimerese terdiri dari 3 jenis protein.

Hasil gambar untuk Orthomyxoviridae
Paramyxoviridae
Mempunyai virion dengan ukuran garis tengah antara 150 nm dan 300 nm dan panjang antara 1000 – 10.000 nm. Nukleokapsid helikal berukuran 18 nm dan single-stranded RNA dengan Nucleocapsid (NP) yang tidak bersegmen.



Hasil gambar untuk Rhabdoviridae
Rhabdoviridae
Memiliki virion yang terbentuk seperti peluru dengan ukuran sekitar 75x180 nm. Selubung virus mempunyai tonjolan-tonjolan berukuran panjang 10 nm. Genom yang single-stranded RNA negative-sense tidak mempunyai segmen.

Comments

Popular Posts